Manajemen tatanegara adalah cara atau strategi
untuk mengatur sebuah Negara dengan aturan-aturan yang sudah tersedia di dalam
Negara tersebut. Manajemen tatanegara bukan hanya berupa aturan, tapi kemampuan
masyarakat daalam mengatur diri dalam pelaksanaan aturan Negara itu sendiri.
Manajemen tatanegara akan berhasil dengan
sempurna dengan di dukung oleh faktor-faktor pendukung yang berkualitas
dalam pelaksanaannya.
Manusia di
dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan
membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini
merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari
hasil integrasi sosial dengan sesamanya. Dalam kehidupannya manusia sering
dipertemukan satu sama lainnya dalam suatu wadah baik formal maupun informal.
Organisasi
adalah sebuah sistem sosial yang kompleksitasnya jelas terlihat melalui jenis,
peringkat, bentuk dan jumlah interaksi yang berlaku. Proses dalam organisasi
adalah salah satu faktor penentu dalam mencapai organisasi yang efektif. Salah
satu proses yang akan selalu terjadi dalam organisasi apapun adalah proses
komunikasi. Melalui organisasi terjadi pertukaran informasi, gagasan, dan
pengalaman.
Komunikasi
memelihara motivasi dengan memberikan penjelasan kepada para pegawai tentang
apa yang harus dilakukan, seberapa baik mereka mengerjakannya dan apa yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja jika sedang berada di bawah standar
Salah satu
organisasi formal di lingkungan aparatur pemerintah yang memberikan kontribusi
yang cukup besar dalam pembangunan. Program-program kerja yang dirancang
bertujuan untuk menmpromosikan dan melindungi bidang kepariwisataan yang
merupakan aset negara yang sangat penting sehingga sangat diharapkan kinerja
yang optimal yang dapat diwujudkan melalui peranan komunikasi yang efektif
supaya dapat memenuhi peran dan fungsinya sebagai aparat pemerintah yang
mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara ini.
Melihat
pengaruh yang sangat penting antara proses komunikasi yang terjadi dalam suatu
organisasi khususnya komunikasi interpersonal antar pegawai dengan tingkat
kinerja pegawai maka penulis tertarik mengambil judul “Pengaruh Komunikasi
Interpersonal Antar Pegawai Terhadap Kinerja PegawaiDinas Pariwisata dan
Kebudayaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar